Jumat, 22 Februari 2008

Sekelumit tentang SD Taman Muda Dua



SD Taman Muda dua yang bertempat di jalan Tamansiswa 04 Malang adalah SD yang bernaung di bawah Yayasan Perguruan Tamansiswa Cabang Malang yang berpusat di Yogyakarta. Perguruan Tamansiswa pertama kali didirikan oleh Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Bangsa Indonesia) di Yogyakarta pada tanggal 3 Juli 1922. Pendidikan di SD Taman Muda Dua Malang selain mengandalkan peningkatan intelektualitas juga peningkatan di sisi ketaqwaan terhadap Tuhan YME, kepribadian, etika serta estetika. Karena Intelektualitas yang tinggi tanpa didukung oleh ketaqwaan, kepribadian, etika serta estetika yang tinggi pula siswa tak akan mampu menerapkan keintelektualitasannya pada masyarakat. Oleh karena itu siswa Tamansiswa dididik untuk peningkatan Intelektual,ketaqwaan,kepribadian,etika serta estetika dengan tidak melupakan ketiga semboyan Tamansiswa. Ing Ngarso Sung Tulodho (di depan memberi contoh) Ing Madyo Mangun Karso (Di tengah memberi semangat) Tut Wuri Handayani (Di belakang memberi dorongan)

4 komentar:

mutie mengatakan...

Terharu waktu buka blog taman muda 2 malang. Rasa rindu pada sekolah yang pernah mendidik, mengayomi, membekali ilmu, juga pada para pamong yang selalu sabar menuntun dari hari ke hari menjadi hari yang bermanfaat. Waktu liat foto para pamong, ada pak Luluk, bu Mudji, bu Moes, bu Yatmi, tapi tidak terlihat bu Tin,pak Ipung dan pak Effendi (katanya sudah almarum? apa betul? ...Apa tidak pernah ada acara reuni lagi?

Sir Ron mengatakan...

Kangen ama SD ku dulu..
iseng Search Google "Taman Muda Dua Malang.."
Eh nemu blog ini.. Ampir nangis liat foto para guru.. Kembali teringat pada waktu menjelang kelulusan, pak Luluk memperlihatkan kertas dengan 13 nama murid di kelasku tersusun acak.. Setiap nama itu dihubungkan dengan nilai NEM melalui sebuah garis hitam meliuk-liuk. Dan aku diharuskan menghubungkan namaku dengan menggerakkan sebuah pensil menuruti garis tersebut. Yang akhirnya kuketahui NEM ku 40,43 (walo ga gede2 amat tapi aku bangga sekali dengan NEM ku itu.. Juara 1 dari 13 orang is not that bad...) Bu Nurul yang janjiin aku Kamus Bahasa Indonesia klo aku juara 1 pas kelulusan… Kamusnya masih saya simpan.. walo udah dalam keadaan tidak standar.. Karena kecerobohanku pas SMP dulu T_T Ah.. Seandainya aku bisa mengingat semua memoryku waktu SD dulu…Aku bakal nulis smua disini!!
Terima kasih untuk semua Pamong ku.. Dan yang ngebuat blog ini.. Udah sedikit mengobati rasa rinduku…

Norris A (Angkatan 1992-1997)
minor_noise@yahoo.com

Unknown mengatakan...

IBU TIN SUDAH TIADA PAK IPUNG JADI KEPALA SEKOLAH DI TAMAN MADYA

Unknown mengatakan...

Mutie alumni tmn muda 2 tahun berapa ya?