Kamis, 06 Maret 2008

PENDIDIKAN DI TAMANSISWA



kegiatan pelepasan siswa


Pendidikan adalah usaha kebudayaan yang bermaksud memberi bimbingan hidup dan tumbuh kembangnya jiwa raga anak didik, agar dalam menjalani garis kodrat pribadinya serta dalam menghadapi pengaruh lingkungannya mendapatkan kemajuan hidup.

Sebagai usaha kebudayaan pendidikan membimbing tumbuh kembangnya jiwa raga yaitu tumbuh kembangnya pikiran, perasaan, kemauan dan tindakan manusia dengan menggunakan IPTEK, IMTAQ, ETIKA, ESTETIKA, dan KETRAMPILAN HIDUP.

Pendidikan di Tamansiswa dilaksanakan dengan Sistim Tripusat, yaitu keharmonisan antara tiga lingkungan pendidikan yaitu : Lingkungan keluarga, sekolah/perguruan, masyarakat.

Untuk mencapai Indonesia merdeka diperlukan jiwa merdeka, dan karena Ki Hajar Dewantara berusaha mendirikan pendidikan nasional dengan Metode Among atau Tut Wuri Handayani.

- Tut Wuri saja artinya memberi kebebasan yang sebebas-bebasnya. Sifatnya liberal, dan hasilnya adalah anak manja, sombong, keras kepala, tinggi diri.

- Handayani saja artinya mengekang. Sifat otoriter, dan hasilnya adalah anak yang pemalu, rendah diri, penakut, minder.

- Tut Wuri Handayani artinya memerdekakan kodrat. Sifatnya demokrasi dan hasilnya anak merdeka lahir dan batin, keseimbangan antara hak dan kewajiban, dan swadisiplin.

Sistem Among/Tut Wuri Handayani adalah metode pendidikan yang bersendi hidup kekeluargaan, yang mengutamakan kemerdekaan kodrat

3 komentar:

martino mengatakan...

saya sangat senang dengan ditampilkan blog TM2 ini. saya selaku almuni TM2 angkatan tahun 83 dan lulus 89 berkeinginan untuk berperan serta dalam meningkatkan kualitas tamansiswa malang pada umumnya dan Taman Muda baik 1 maupun 2 pada khususnya. mohon kiranya saya dapat memperoleh informasi berkaitan dengan pencipta blog ini, karena saya bermaksud untuk belajar informasi berkaitan dengan pembuatan blog ini, terutama hosting yang dipergunakan dalam pembuatan blog ini

alumni TM2
Yoyon Arif Martino

martino mengatakan...

matur nuwun atas diterbitkannya blog TM2. saya merupakan alumni SD TM2, angkatan masuk 1983 dan keluar 1989. saya sekarang telah mengajar di salah satu PT Swasta di Malang. mohon informasi dari panjenengan yang membuat blog ini, karena saya bermaksud untuk membuat blog TM1 sebagai langkah awal kami untuk mengembangkan TAMANSISWA pada Umumnya dan TM1 pada khususnya
matur nuwun
yoyon Arif Martino

gagas mengatakan...

nyi,ni dan ki kenapa foto tm2 yg sekarang kok tdk ditampilkan di sini

dari,
agastya h.g.n