Kamis, 06 Maret 2008

Langkah -langkah Belajar

Orang dapat menjadi pandai karena belajar, meskipun tidak mengikuti pendidikan formal. Orang yang bersekolah belum tentu mampu belajar dengan baik. Oleh karena itu belajar sangat diperlukan oleh seorang pelajar. Banyak teori belajar yang telah dikemukakan para ahli antara lain perlu adanya :

1. Pola pikir logis dan kreatif. Sebenarnya tiap individu itu memiliki kreatifitas, namun tingkat kreativitasnya berbeda-beda. Oleh karena itu orang-orang yang memiliki kemampuan berfikir logis dan kreatif yang tinggi memiliki kecenderungan selalu ingin tahu, suka mencoba, senang bermain-main dengan ide, berani menghadapi resiko dan dorongan untuk membuat segalanya berhasil.

2. Pilih dan pelajari apa yang bermanfaat. Di era informasi ini banyak kita melihat, mendengar dan memperoleh informasi yang sebenarnya tidak kita perlukan. Dalam belajar perlu kita memilah apa yang bermanfaat dan yang relevan dengan materi yang kita pelajari.

3. memupuk sifat juara. Belajar tidak hanya sekedar mengikuti arus atau pemikiran daripada tidak sekolah. dalam hal ini belajar perlu ditanamkan untuk mencapai prestasi yang tinggi yang dalam upaya pencapaian itu harus memiliki keyakinan akan berhasil. Kata orang kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Pemupukan sikap juara ini merupakan pemikiran yang positif dan akan memberi semangat untuk berprestasi.

4. Membuat catatan yang efektif. Ingatan manusia itu sangat terbatas, maka perlu dibantu catatan. Dengan catatan yang efektif akan membantu peningkatan daya ingat seseorang.

Tidak ada komentar: